Buddha Sosok yang Sama Dengan Zulkifli?

Buddha Sosok yang Sama 

Dengan Zulkifli?




Menurut Abul Kalam Azad seorang sarjana Urdu, Buddha Shakyamuni atau dikenal sebagai guru suci bagi umat budha tidak lain adalah Zulkifli, dimana Quran menyebutnya sebagai nabi yang memiliki kesabaran tingkat tinggi & sangat baik. Dalam bahasa Arab, Zulkifli diartikan sebagai orang yang berasal dari Kifl, untuk menyebut Kapila atau Kapilavastu. Buddha Maitreya, yang dikenal dalam ajaran Budhha sebagai masa depan Budha, menurut analisis tidak lain adalah nabi terakhir yang disebutkan dalam buku Chakkavatti Sinhnad Suttanta tertulis 'akan muncul di dunia Buddha Maitreya yang baik hati, yang suci, yang tertinggi, menerangi, penuh kebijakan dalam tingkah laku, menguntungkan dan mengenal alam semesta'


Kata Buddha berarti orang bijak atau yang mendapat petunjuk, istilah ini juga diartikan sama dengan nabi. Nabi dalam bahasa Arab identik dengan Buddha sebagaimana yang dipahami oleh umat Buddha, persamaan dari pengertian ini disimpulkan sebagai seseorang yang diberi petunjuk oleh Allah & mendapat kedudukan yang tinggi.
Tidak ada kata Budha disebutkan dalam Quran, tetapi menurut Alexander Berzin bahwa catatan dari para sejarawan & peneliti telah mengaitkan beberapa ayat Quran dengan Budha, diantaranya dalam ayat At-Tin 95:1 disebutkan Demi (buah) Tin & (buah) zaitun, & gunung Sinai, & demi kota (Mekah) yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik.

Menurut Alexander Berzin, buah zaitun melambangkan Yerussalem, yaitu Isa. Gunung Sinai melambangkan Musa & umatnya, kaum Yahudi. Mekkah melambangkan Islam dan Muhammad & buah Tin (berasal dari pohon Ara) tak lain adalah pohon Buddha, dimana pohon ini merupakan tempat Siddharta mencapai pencerahan. Menurut Al Qasimi, Allah bersumpah dengan buah Ara yang dimaksud adalah pohon Buddha, perumpamaan dalam Quran ditujukan untuk Buddha. Disebutkan dalam sejarah, bahwa Buddha duduk dibawah pohon Ara (Tin), dalam istilah islam disamakan dengan mencari wahyu dan duduk dalam mencari inspirasi.

Referensi

Historical, Cultural, and Comparative Studies – Buddhism and Islam. By The Berzin Archives

Related Posts:

0 Response to "Buddha Sosok yang Sama Dengan Zulkifli?"

Post a Comment