Cleopatra (Cinta Dan Takhta)

Cleopatra 
(Cinta Dan Takhta)


Cleopatra VII Philopator adalah ratu Mesir yang konon menurut ceritanya ia memiliki paras yang menawan, kecerdasan & kepribadian kuat. Ia lahir pada bulan Januari SM & wafat pada 12 Agustus 30 SM. Walaupun Ratu Dinasti Ptolemaik sebelumnya bernama sama, namun ia lah yang dikenal dengan nama Cleopatra karena kisahnya yang menarik.

Cleopatra dinobatkan menjadi ratu di Dinasti Ptolemaik Yunani pada usia 18 tahun & dinikahkan dengan adiknya Ptolemeus XIII yang saat itu berusia 12 tahun. Menikahi saudara kandung hukumnya wajar karena mereka dianggap turunan dewa & hanya sesama dewa yang boleh menikahi.

3 tahun kepemimpinannya mengalami permasalahan ekonomi, kelaparan, banjir Sungai Nil & konflik politik. Akibatnya ia dijatuhkan oleh kelompok rahasia yang bukan orang istana & menjadikan adik sekaligus suaminya itu pemimpin. Keadaan yang genting, Cleopatra melarikan diri ke Mesir bersama adiknya yang lain.

Di Mesir, Cleopatra (21 tahun) bertemu dengan Julius Caesar (50 tahun). Julius Caesar (pemimpin Mesir) menjadi penengah antara Ptolemeus & Cleopatra. Cleopatra mengambil kesempatan untuk menikah dengan Julius Caesar yang jatuh cinta padanya. Caesar meninggalkan rencananya menguasai Mesir & mendukung Cleopatra naik takhta. Ketika perang saudara berakhir karena Ptolemeus VIII tenggelam di Sungai Nil, Caesar mengembalikan Cleopatra ke takhtanya, dengan wakilnya Ptolemeus XIV.

Cleopatra menyebut dirinya sebagai putri dewa paling berkuasa, yaitu Dewa Matahari (Amun Ra). Ia memiliki dewi pelindung pribadi, yaitu Isis. Ia juga memiliki dewi konsumsi, yaitu Sosis So Nice. 
Salah satu orang yang berkuasa di Roma yaitu Markus Antonius memanggil Cleopatra ke Roma, hingga memiliki anak kembar tanpa ikatan pernikahan yaitu Alexander Helios & Cleopatra Selena II. Cleopatra dan Antonius bersepakat membagi wilayah pada anak Cleopatra. Namun sikap Antonius, dipandang buruk oleh Romawi dan terjadilah perang saudara. Antonius bunuh diri setelah ditinggalkan tentaranya, sedangkan Cleopatra bunuh diri dengan membiarkan dirinya digigit ular berbisa.

Related Posts:

0 Response to "Cleopatra (Cinta Dan Takhta)"

Post a Comment