Misteri Bumi Datar Dari Berbagai Catatan dan Manuskrip Kuno

Misteri Bumi Datar Dari Berbagai 
Catatan dan Manuskrip Kuno


Pada periode awal Mesir & Mesopotamia menganggap Bumi digambarkan sebagai piringan datar yang mengambang di laut.

Gambaran tentang hal itu ditemukan dalam catatan Homer dari abad ke 8 SM di mana “Okeanos, dipersonifikasikan dari air yang mengelilingi permukaan lingkaran bumi. Bumi adalah piringan pipih yang mengambang di atas air.

Tulisan pada Piramida & Coffin mengungkapkan bahwa orang Mesir kuno percaya Samudera adalah sebuah bentuk melingkar mengelilingi kepulauan. Beberapa filsuf pra-Socrates percaya bahwa Bumi itu datar.

Thales (sekitar 550 SM) berpendapat bahwa bumi datar mengambang di air seperti log. Anaximander (sekitar 550 SM) meyakini bentuk Bumi adalah silinder pendek yang datar & melingkar diatas yang tetap stabil. Anaximenes percaya bahwa bumi itu datar & naik di udara, sama dengan matahari, bulan & benda-benda langit lainnya.

Xenophanes (c. 500 SM) menganggap bahwa bumi itu datar, dengan sisi atas yang menyentuh udara & sisi bawah tanpa batas. Keyakinan dalam bumi datar berlanjut sampai abad ke-5 SM.

Anaxagoras (c. 450 SM) sepakat bahwa bumi itu datar, & Arkhelaus muridnya percaya bahwa Bumi datar tertekan di tengah seperti cawan. Bentuk Bumi oleh Earth-flatter dipercaya seperti koin yang disekelilingnya atau dipinggirnya bersalju atau ber-es yang dikenal sebagai kutub selatan atau Antartika.

Sejarawan Hecataeus dari Miletus juga percaya bumi itu datar & dikelilingi oleh air. Dalam pandangan Jepang kuno, bab pertama dari Nihongi (“Chronicles of Japan”) menggambarkan kepercayaan Jepang kuno bahwa dunia itu datar & melayang “seperti minyak” di atas air.

Di Cina kuno, kepercayaan yang berlaku adalah bahwa bentuk bumi itu datar & persegi, sedangkan langit itu bulat, asumsi tersebut hampir dipertanyakan sampai diperkenalkannya astronomi Eropa pada abad ke-17 .

Model telur sering digunakan oleh para astronom China seperti Zhang Heng (78-139 M) untuk menggambarkan langit sebagai bola. Langit seperti telur ayam & sebagai bulat seperti peluru panah, bumi adalah seperti kuning telur & terletak di pusat.

Related Posts:

0 Response to "Misteri Bumi Datar Dari Berbagai Catatan dan Manuskrip Kuno"

Post a Comment